5 Program kerja pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yaitu :
1.Dik Dilan (Pendidikan Gratis Berkelanjutan)
2. Satria Madura (Satu Triliun Untuk Madura)
3. Desa Cemara (Desa Cerdas Maju Sejahtera)
4. Tebar Jala (Pusat Ekonomi Baru Jalur Selatan)
5.Madrasah Diniyah Berkelanjutan

Adalah merupakan perwujudan kongkrit dari semangat mewujudkan provinsi Jawa Timur yang berdaulat, berdikari dan bermartabat. Hal ini ditegaskan oleh Sapto Raharjanto ketua Seknas Jokowi Kabupaten Jember dalam keterangan persnya di Surabaya, Selasa 13 Februari 2018.

Menurut Sapto, Program Desa Cemara (Desa Cerdas Maju Sejahtera) dan Tebar Jala (Pusat Ekonomi Baru Jalur Selatan) adalah merupakan sebuah representasi dari semangat membangun Indonesia dari pinggiran sehingga diharapkan program ini bisa menciptakan kemandirian ekonomi serta sebagai roda penggerak bagi sektor-sektor strategis ekonomi kerakyatan yang berada di desa-desa dan daerah-daerah pesisir.

Sedangkan program Dik Dilan (Pendidikan Gratis Berkelanjutan) dan program Madrasah Diniyah plus berkelanjutan adalah merupakan sebuah program kerja brilian untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat provinsi Jawa Timur melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan, dimana nantinya kami harapkan agar juga diadakan penataan kembali kurikulum pendidikan dengan mengedepankan aspek pendidikan agama, budi pekerti, pendidikan moral pancasila,sejarah kebangsaan,nilai nilai patriotisme dan kebhinekaan di dalam kurikulum pendidikan di Jawa Timur.

Sedangkan Program Satria Madura (Satu Triliun Untuk Madura) menurut Sapto Raharjanto adalah merupakan sebuah bentuk perhatian khusus dari pasangan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno untuk kemajuan Pulau Madura, dimana Pulau Madura sendiri adalah sebuah pulau yang menyimpan banyak potensi seperti potensi kelautan dan perikanan serta komoditi pertanian yang memerlukan sentuhan tekhnologi dan inovasi-inovasi baru untuk memaksimalkan pengelolaan produk kelautan dan perikanan serta komoditi pertanian dari pulau garam tersebut.

Menutup keterangan persnya Sapto Raharjanto menegaskan bahwa Seknas Jokowi berkepentingan untuk memenangkan pasangan saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno untuk Jawa Timur yang lebih baik dan lebih ramah terhadap Wong Cilik sehingga nanti didalam pemerintahannya pasangan ini diharapkan berlandaskan pada prinsip membangun tanpa menyakiti.

Oleh karena itu Seknas Jokowi akan bergerak semsksimal mungkin dari pintu ke pintu mensosialisasikan 5 program kerja pasangan Gus Ipul-Puti dan memaksimalkan komunitas-komunitas dampingannya seperti para petani,buruh,PKL,serta komunitas lainnya untuk berjuang bersama memenangkan pasangan Gus Ipul-Puti di Pilkada Jatim 2018. (Sapto R)